Bisnis Jilbab Cara dan Peluang Memulai Usaha - Edukasi Millenial

Bisnis Jilbab Cara dan Peluang Memulai Usaha

Bisnis Jilbab Masa Kini


httpswww.edukasimilleniall.com201906bisnis-jilbab-cara-dan-peluang-memulai-usaha.html
Ayo Bisnis Jilbab


1. Peluang Berbisnis Jilbab.

Pakaian muslimah seperti jilbab merupakan salah satu kebutuhan yang banyak diminati sekaligus dicari oleh kalangan wanita muslimin. Apalagi di Indonesia banyak sekali wanita muslimin yang meminati jilbab dengan model-model terbaru. Bahkan kalau kita jeli produk kita akan sampai ke luar negeri sebagai barang yang bernilai ekspor.

Sesuai perkembangan waktu,model-model jilbab banyak mengalami perkembangan dan sangat di sukai oleh kalangan remaja untuk saat ini.Para remaja ini berlomba-lomba untuk mendapatkan jilbab dengan versi terbarunya. Tidak hanya remaja para orang tua wanita pun juga melakukan hal demikian. Dari sini timbul keterampilan dan kekreatifan para desainer jilbab untuk membuat model yang paling bagus dan diminati konsumen. Untuk itu,dari pengalaman ini bisnis jilbab dapat menjadi peluang besar untuk meraup keuntungan dari penghasilan Anda nanti. Tidak peduli bagaimana dan apa latar belakang Anda,untuk menekuni dunia usaha ini Anda bebas berlatar belakang pendidikan apa saja. Dan yang terpenting adalah Anda memiliki modal seputar pengetahuan tentang bahan dan tren jilbab yang selalu update.

2. Memulai Berbisnis.

Jika Anda sudah mencermati peluang berbisnis jilbab langkah selanjutnya adalah penerapan dari bisnis itu sendiri.Untuk memulai bisnis ini,Anda harus memperhatikan beberapa hal yang perlu disiapkan.
a. Anda harus selalu mengetahui tren jilbab yang terbaru atau dapat dikatakan selalu terupdate. Anda harus berusaha mencari dari banyak sumber yang bisa Anda akses seperti di koran,majalah,dan situs-situs internet yang menyediakan seputar informasi terupdate tentang jilbab. Tren ini biasanya dipengaruhi kebanyakan oleh kalangan remaja wanita yang sangat sensitif terhadap perkembangan model hijab.

b. Setelah Anda paham tren yang terbaru,Anda bisa belajar memahami berbagai jenis atau model jilbab dan usahakan memahami atau mencermati keistimewaan (keunggulan) dari jenis-jenis jilbab tersebut. Tentunya setiap jenis atau model jilbab mempunyai keistimewaan masing-masing yang dapat membuat hijab itu sendiri disenangi oleh konsumen. Di sini Anda harus teliti,sebab di proses inilah peluang bisnis Anda terhubung dengan pemasaran dan sasaran konsumen Anda nanti.

c. Dalam hal pemasaran atau mencari konsumen Anda dituntut untuk terampil. Dan juga tidak hanya terampil yang dibutuhkan kelincahan dan kecermatan juga harus Anda punyai sebab mencari konsumen sangat sulit jika tidak dilakukan survei terlebih dahulu. Jika dalam pencarian konsumen Anda asal-asalan maka secara otomatis pemasaran produk Anda nanti akan mengalami kemacetan atau tidak sesuai perencanaan,sehingga produk Anda gagal pasar. Jika nanti Anda gagal pasar maka demi mengembalikan modal Anda,pasti Anda akan menjual produk Anda di bawah patokan harga yang sesuai rencana.

d. Jika Anda ingin usaha jilbab dengan membeli produk dari produsen tanpa Anda membuatnya sendiri,Anda harus pilih produsen yang mampu membuat produk yang berkualitas dan bisa dibuktikan jangan sampai hanya ingin coba-coba karena akan membuat resiko gagal bisnis semakin besar. Dalam usaha seperti ini pastikan Anda juga harus bisa menawar harga produk dari produsen tersebut agar pengeluaran per bulan Anda untuk membeli produk dapat ditekan biayanya.

3. Strategi yang Harus Dicapai.

a. Yang terpenting di sini adalah Anda harus selalu update tentang jenis-jenis jilbab terbaru. Hal ini sangat penting sekali karena untuk saat ini permintaan konsumen selalu berubah dengan cepat sesuai perkembangan model produk yang ditawarkan. Misalkan Anda masih mempunyai produk lama yang belum laku,Anda bisa memberikan diskon khusus untuk produk tersebut agar cepat terbeli dan mengurangi kerugian Anda jika produk tersebut benar-benar tidak laku lagi dipasaran atau tidak diminati lagi.

b. Strategi selanjutnya adalah dibutuhkan informasi tentang produk jilbab yang paling diminati. Sekali lagi hal ini sangat penting karena informasi seputar update jilbab berpengaruh besar pada pemasaran produk nanti. Usahakan cari sebanyak-banyaknya informasi yang berkaitan dengan update tren jilbab.

c. Untuk membuat produk yang berkualitas sebaiknya Anda cermati berbagai macam jenis bahan jilbab karena ini sangat penting. Seringkali konsumen membeli jilbab dengan menanyakan atau tergantung bahannya untuk menilai kesesuaian kualitas dengan harga. Anda juga harus bisa menggunakan cara untuk memadukan jilbab dengan pakaian agar terlihat lebih indah. Untuk mengetahuinya lebih lanjut Anda bisa memberikan saran atau layanan konsumen untuk memberikan saran-saran yang dapat memperbarui produk yang sesuai dengan minat konsumen.

d. Anda harus bisa bekerja sama dengan produsen yang memasok stock produk jilbab,hal ini dilakukan agar jilbab lebih bervariasi. Semakin banyak Anda melakukan kerja sama dengan banyak produsen semakin bervariasi produk Anda. Keuntungan lainnya jika Anda mempunyai kedektan dengan produsen atau sudah akrab,kemungkinan Anda akan mendapat potongan harga khusus tetapi ini tidak bisa menjadi patokan karena dunia bisnis haruslah tetap memperhitungkan untung atau rugi.

e. Langkah selanjutnya sangat penting yang berkaitan dengan pemasaran Anda harus bisa memperluas jaringan pemasaran Anda ke berbagai daerah. Pertama-tama usahakan Anda sudah bisa menjangkau secara perlahan semua daerah yang dekat dengan bisnis Anda. Cara yang bisa Anda terapkan bisa dengan menghubungi saudara Anda dan tidak menutup kemungkinan Anda bisa menghubungi rekan kerja Anda untuk memperluas jaringan pemasaran.

f. Langkah terakhir yang juga sangat penting adalah dalam hal penetapan keuntungan. Kebanyakan orang dalam penetapan keuntungan cenderung lebih besar dan tidak sesuai keadaan. Untuk itu jangan mengambil keuntungan yang terlalu besar untuk perhitungan setiap jilbab. Hal ini bertujuan agar konsumen tahu jika barang dagangan Anda lebih murah dari penjual lainnya. Sebab harga yang murah sangat menjadi incaran para konsumen apalagi barang murah dengan kualitas yang standar atau bisa juga di atas standar ini terserah Anda bagaimana mewujudkannya.

4. Analisis Bisnis (jika stock dari produsen).

     Modal Awal:
         Stock awal jilbab                                    Rp 11.000.000,00
         Sewa Tempat                                          Rp 15.000.000,00

     Harta:
         Rak dan meja                                         Rp    2.000.000,00
         Papan reklame atau iklan                       Rp       400.000,00
         Kepala Boneka tempat contoh jilbab     Rp    1.200.000,00
         Jumlah                                                    Rp    3.600.000,00
         Jumlah modal awal                             Rp   29.600.000,00

     Perhitungan laba/rugi per bulan
     Penjualan per bulan:
     Penjualan bruto:
         1 kodi x Rp 650.000,00 x 30 hari          Rp   19.500.000,00
         Diskon rata-rata 10%                             Rp     1.950.000,00
         Penjualan netto                                    Rp   17.550.000,00

     Harga pokok jilbab per bulan
         Pembelian jilbab(1 hari Rp 350.000)    Rp   10.500.000,00
         Laba kotor per bulan                          Rp     7.050.000,00

     Biaya lain-lain/biaya umum per bulan
           Sewa toko:15.000.000/12 bulan           Rp     1.250.000,00
           Perlengkapan toko(kantong)                 Rp        400.000,00
           Gaji 3 pegawai(1= Rp 700.000)           Rp     2.100.000,00
           Penyusutan                                           Rp          54.444,00
           Biaya listrik dan kebersihan                 Rp        200.000,00
           Biaya Angkut dan transportasi             Rp        500.000,00
           Jumlah                                                  Rp     4.504.444,00
           Laba bersih per bulan                       Rp     2.545.556,00

5. Hambatan Bisnis.
Hambatan dalam berbisnis entah apapun itu jenis bisnisnya pasti ada.Jika terdapat kelebihan maka juga ada kekurangannya.Untuk hambatan dari bisnis jilbab ini akan Anda jumpai seperti beriku ini.

a. Banyaknya pesaing bisnis yang serupa.Untuk saat ini bisnis jilbab sudah sangat banyak sekali yang ada di Indonesia ini. Mereka sudah tahu bahwa bisnis ini cukup menjajikan dalam hal perolehan keuntungan,ini sesuai dengan berapa keuntungan yang ingin diperoleh.

b. Ketika harga biaya bahan baku mempengaruhi produsen atau semakin mahal maka secara otomatis harga beli juga semakin naik dan secara pasti juga permintaan konsumen berkurang ini sudah sesuai dengan hukum permintaan. Di sinilah Anda juga harus cerdas mengolah dan menetapkan harga beli agar Anda juga tidak rugi. Anda harus melakukan beberapa terobosan yang berkaitan dengan perolehan bahan baku yang berbeda-beda jenis dan dari produsen yang berbeda jenis juga agar Anda bisa mengendalikan harga meskipun cukup sulit dilakukan.

c. Terkadang banyaknya perubahan atau update jilbab yang sangat cepat dapat mempengaruhi persediaan stok barang Anda. Jika stok Anda masih tersisa cukup banyak maka Anda dituntut untuk segera menjual produk tersebut salah satu caranya adalah dengan memberi diskon kepada pelanggan. Dan di sinilah sebenarnya manfaat kreatifitas Anda dibutuhkan sebab setiap waktu perubahan mode akan terjadi. Anda dituntut bagaimana Anda bisa beradaptasi atau Anda yang menyesuaikan produk dengan tren yang ada di pasaran atau sesuai permintaan konsumen.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bisnis Jilbab Cara dan Peluang Memulai Usaha"

Post a Comment