Cara Agar Tidur Tidak Mendengkur - Edukasi Millenial

Cara Agar Tidur Tidak Mendengkur

3 Tips atau Cara Agar Tidur Anda Tidak Mendengkur

https://www.edukasimilleniall.com/2019/06/cara-agar-tidur-tidak-mendengkur.html
Ayo Tidur Sehat

        Seringkali ketika kita sedang tertidur kita dibuat risih dengan dengkuran teman atau keluarga kita yang secara kebetulan ataupun sudah kebiasaan tidur dengan kita. Kejadian mendengkur ini bisa diartikan sebagai salah satu gangguan tidur yang paling sering dialami oleh seseorang yang tentunya pasti ada penyebabnya. Jika Anda sendiri yang mengalami atau terbiasa dengan mendengkur saat tidur,Anda mungkin tidak sadar dan tetap tidur dengan nyenyaknya. Tetapi untuk orang lain kebiasaan Anda bisa mengganggu kenyamanan mereka untuk tidur begitu juga saat orang lain mendengkur maka Anda akan merasa terganggu untuk beristirahat. Tentunya ini menjadi masalah yang cukup penting.

Meski tidak disadari,mendengkur dapat diatasi dengan banyak cara yang bisa dilakukan. Cara ini dilakukan guna mencegah dan mengontrol dengkuran. Karena hal ini sangat penting sekali untuk dilakukan dan banyak sekali manfaatnya jika Anda lakukan. Cara ini bisa dilakukan oleh semua jenis kelmin manusia sebab mendengkur tidak hanya dilakukan oleh kaum lelaki saja tetapi kaum perempuan juga bisa mengalaminya. Berikut beberapa cara untuk mengatasi kebiasaan mendengkur.

1. Istirahat yang cukup.
Kebiasaan mendengkur yang Anda alami biasanya diidentikan atau karena suatu penyebab yaitu kondisi fisik yang lelah. Fisik yang lelah bisa Anda alami karena beberapa penyebab seperti pekerjaan Anda yang terlalu lama sehingga Anda terasa lelah. Ini adalah respon tubuh Anda yang butuh istirahat,jika istirahat Anda kurang maka secara otomatis Anda akan cepat mengalami kelelahan. Salah satu solusinya adalah Anda harus mencukupi kebutuhan waktu istirahat yang cukup untuk mensegarkan kembali kondisi stamina Anda. Istirahat yang baik itu kisaran lima sampai tujuh jam dan ini bisa Anda lakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Jika Anda kesulitan atau tidak punya banyak waktu untuk beristirahat sebanyak lima sampai tujuh jam usahakan seminimal mungkin Anda bisa tidur. Dan untuk saran dari kesehatan waktu tidur yang paling baik adalah tujuh hingga delapan jam dalam sehari.

2. Menurunkan Berat Badan.
Berat badan sudah menjadi masalah bagi laki-laki maupun perempuan,selain alasan bentuk proporsional tubuh yang kurang ideal berat badan atau obesitas sering kali dikaitkan dengan masalah dengkuran. Memang kebanyakan orang yang memiliki berat badan di atas ideal ketika tidur mendengkur tetapi sebagian kecil ada yang tidak mengalaminya. Masalah dengkuran yang dikaitkan dengan orang yang berat badannya obesitas disebabkan oleh jaringan-jaringan ekstra yang ada di tenggorokan berkontribusi untuk mendengkur. Untuk menghilangkan jaringan ekstra tersebut bisa dilakukan dengan beberapa cara tentunya tergantung kemauan dan semangat Anda. Salah satu caranya adalah dengan diet dan rajin berolahraga,yang dimaksud dengan rajin berolahraga adalah waktu untuk olahraga sudah dijadwal secara teratur disertai tambahan diet karena mustahil orang yang rajin olahraga tetapi tidak diet maka akan percuma saja. Olahraga di sini bisa dilakukan dari tingkatan yang paling sederhana seperti jogging atau lari kecil waktu pagi atau sore hari. Bisa juga olahraga sederhana lainnya seperti jalan sehat yang terpenting adalah kalori dalam tubuh bisa berkurang karena berubah menjadi energy saat dilakukannya olahraga. Dengan olahraga disertai diet,maka jaringan tersebut akan hilang dan Anda menjadi bebas dari suara bising yang mengganggu tidur orang di sekitar Anda atau kebiasaan mendengkur Anda dengan perlahan akan hilang.

3. Tidur Tidak Telentang.
Kebiasaan tidur dengan posisi tidur yang baik perlu untuk dilakukan. Karena posisi tidur yang baik bisa juga dikaitkan dengan kebiasaan orang mendengkur.Sebab sudah banyak penelitian yang dapat membuktikan bahwa tidur telentang bisa menjadi pemicu utama dengkuran. Di dalam agama juga sudah dikaitkan posisi tidur yang baik itu adalah dengan posisi ke arah samping kanan. Posisi tidur ke arah samping juga menyehatkan jantung kita daripada kita tidur dengan posisi telentang. Posisi tidur ke arah samping ini dianjurkan karena saat kita tidur dengan posisi telentang lidah kita jatuh ke belakang tenggorokan,keadaan ini menyebabkan jalur pernapasan menjadi sempit dan pada akhirnya bisa membuat aliran udara keluar sebagian,dan timbulah dengkuran itu. Untuk itu posisi tidur harus kita prioritaskan juga,dengan posisi tidur yang baik adalah menghadap ke arah samping,untuk arahnya bisa samping kanan dan bisa juga kiri tetapi lebih dianjurkan ke arah samping kanan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Agar Tidur Tidak Mendengkur"

Post a Comment