Cara Menghemat Baterai Ponsel - Edukasi Millenial

Cara Menghemat Baterai Ponsel


https://www.edukasimilleniall.com/2019/06/cara-menghemat-baterai-ponsel.html
Ayo Belajar Teknologi
Zaman yang serba modern seperti sekarang ini memang sangat dibutuhkan alat-alat digital yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan salah satunya adalah smartphone yang sejatinya adalah alat untuk komunikasi. Tetapi untuk sekarang ini smartphone telah beralih kebanyak fungsi tidak hanya untuk alat komunikasi saja,untuk itu yang jadi masalahnya adalah penggunaan smartphone yang terkadang menguras baterai terlalu banyak. Maka dari itu saya akan memberikan tips bagaimana cara menghemat baterai smartphone. Berikut caranya :

1. Nonaktifkan Wi-Fi dan Bluetoth jika tidak digunakan ( data ).
Jika mengaktifkan Wi-Fi dan Bluetooth (data) saat tidak digunakan atau dibiarkan saja maka efeknya adalah dapat menyedot daya saat mencari sinyal dan bisa dikatakan menguras pemakaian baterai. Memang fitur ini sangat penting dan bermanfaat tetapi Anda lebih baiknya menonaktifkannya untuk menghemat konsumsi daya smartphone. Hal ini dilakukan ketika Anda sedang tidak membutuhkan fitur tersebut.

Misalkan Anda berpergian ke suatu tempat dan di tempat tersebut tidak terdapat sinyal sama sekali jangan Anda hidupkan fitur tersebut karena percuma saja dan malah membuat daya berkurang. Lebih baik Anda alihkan smartphone atau ponsel ke mode pesawat untuk menghemat energi baterai.

2. Tutup Aplikasi yang Tidak Perlu.
Smartphone merupakan tekhnologi canggih yang dapat melakukan banyak tugas atau kinerja dan bisa membuka serta menjalankan banyak aplikasi sekaligus baik aplikasi berukuran besar ataupun kecil. Dari keunggulan ini terdapat kekurangan dari aktivitas smartphone itu sendiri karena aktivitas tersebut dapat menyerap daya yang lebih besar. Jika Anda tidak membutuhkan aplikasi untuk dibuka atau digunakan,biasakan menutupnya untuk efisiensi energi (daya) yang besar.

Selain itu Anda juga dapat memantau aktivitas semua aplikasi di smartphone Anda dengan menggunakan banyak aplikasi yang ada (bawaan/di play store) di smartphone. Dengan berbagai aplikasi itu,Anda dapat mematikan aplikasi yang sedang berjalan.

3. Redupkan layar smartphone.
Layar smartphone yang semakin terang  maka semakin banyak daya yang digunakan. Untuk itu perlu pengaturan kecerahan otomatis atau manual yang dapat membantu smartphone Anda menyesuaikan secara otomatis atau manual juga,dengan mempertimbangkan penggunaan energi. Saat ponsel Anda berada di bawah sinar matahari penuh  maka ponsel Anda akan menggunakan lebih banyak daya atau energi,itupun jika Anda menggunakan pengaturan kecerahan otomatis. Untuk itu,perlu Anda ingat selain meredupkan layar,pilih kapan Anda akan membaca untuk meminimalkan konsumsi daya smartphone.

4. Matikan Smartphone di malam hari.
Ketika Anda tidur di malam hari smartphone tidak akan digunakan dan jika smartphone dibiarkan hidup maka dapat menyerap daya yang cukup banyak kecuali jika Anda ingin memasang jam alarm atau standby untuk keadaan darurat atau genting. Mematikan ponsel saat Anda tidur juga dapat mengurangi paparan radiasi yang kuat jika ponsel ditaruh di dekat kepala Anda.

Jika alasan Anda menghidupkan ponsel saat tidur sebagai jam alarm,maka sebaiknya Anda mengaktifkan mode pesawat yang dimaksudkan untuk mengurangi konsumsi daya dan paparan radiasi. Anda juga tidak akan melewatkan apa pun dan tidur Anda lebih nyenyak.

5. Matikan GPS.
Kemungkinan besar banyak aplikasi yang ada di smartphone Anda yang terus-terusan melacak posisi dengan menggunakan GPS yang sangat menguras daya. GPS memang penting ketika digunakan untuk aplikasi navigasi tetapi seringkali tidak diperlukan oleh orang-orang. Untuk itu nonaktifkan fitur GPS jika tidak dibutuhkan dan aktifkan kembali jika dibutuhkan kembali. Misalkan saja saat siang hari ponsel Anda sedang diisi daya,maka ponsel tidak memerlukan GPS,untuk itu nonaktifkan.

6. Kurangi timeout layar.
Saat smartphone aktif tampilan layar sangat banyak menggunakan daya. Mematikan layar saat tidak digunakan dapat membantu menghemat daya baterai. Untuk itu silahkan Anda ubah pengaturan yang dapat membuat layar mati lebih cepat. Sebaiknya atur ke waktu tunggu 30 detik,yang berlaku setelah setengah menit tidak ada aktivitas layar. Jika ada aktivitas cukup untuk melihat peringatan atau memeriksa pesan sebelum mematikan layar.

7. Nonaktifkan notifikasi yang tidak perlu.
Pemberitahuan yang muncul dapat menyebabkan layar ponsel menyala,mengeluarkan suara,dan bergetar. Memang beberapa notifikasi sangat berguna,tetapi juga dapat merugikan karena dapat menguras daya. Untuk itu nonaktifkan pemberitahuan yang tidak diperlukan untuk menghemat energi,dan juga untuk menghindari gangguan yang mengganggu untuk kedepannya. Caranya adalah menonaktifkan semua notifikasi untuk melihat informasi apa yang Anda lewatkan,lalu nyalakan notifikasi itu.

8. Hindarkan ponsel dari panas atau dingin berlebihan.
Hindarkan smartphone Anda dari suhu di bawah suhu beku dan lingkungan yang sangat panas,seperti di dalam mobil tertutup yang berada di bawah terik matahari. Meskipun baterai smartphone Anda termasuk lithium-ion yang dapat beroperasi di berbagai suhu,lebih baik hindari suhu yang panas dan dingin berlebihan karena dapat menghambat kinerja smartphone itu sendiri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghemat Baterai Ponsel"

Post a Comment