Manfaat Buah Duku untuk Tubuh dan Kandungan Nutrisinya - Edukasi Millenial

Manfaat Buah Duku untuk Tubuh dan Kandungan Nutrisinya

httpswww.edukasimilleniall.com201907manfaat-buah-duku-untuk-tubuh-dan-kandungan-nutrisinya.html
Ayo Hidup Sehat

Buah Duku adalah tanaman yang setiap tahun sekali berbuah dan termasuk buah yang bisa hidup di tempat subur yang memiliki curah hujan tinggi. Duku adalah tanaman dari Asia Tenggara bagian barat sebagai anggota buah Meliaceae. Buah ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan buah langsat, pisitan, dan lainnya.

Buah Duku sering dikonsumsi hanya sebagai hidangan penutup, tetapi buah ini dapat dimanfaatkan secara optimal sebagai selai, isian puding, dan lainnya. Buah duku yang masih muda berwarna mentah kehijauan dan rasanya masam, jika warnanya sudah mulai kekuningan maka merupakan pertanda bahwa buah duku sudah matang dan memiliki rasa yang lebih manis. Terkadang ada anggapan bahwa buah duku pahit, tetapi rasa pahit dihasilkan jika menggigit biji saat memakan buah duku ini.

Berikut ini beberapa manfaat buah untuk kesehatan yang patut Anda ketahui:

1. Sumber Antioksidan.
Buah duku mengandung manfaat vitamin C yang bertugas sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri adalah nutrisi yang berfungsi untuk menghindarkan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh proses pencernaan yang mengubah makanan menjadi energi dalam tubuh. Antioksidan juga berperan mencegah tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh polusi dan zat beracun.

2. Penguatan Gigi.
Buah duku berkhasiat untuk menguatkan gigi karena kandungan fosfor di dalamnya. Gigi akan menjadi kuat dan sehat jika sering mengonsumsi buah ini. Ini juga dapat dioptimalkan dengan mengonsumsi manfaat strowberi untuk kesehatan gigi.

 3. Menjaga Kesehatan Gusi.
Kesehatan gusi dapat diobati dengan mengonsumsi vitamin C. Seperti telah disebutkan bahwa buah duku memiliki kandungan vitamin C yang banyak sehingga berkhasiat untuk menjaga kesehatan gusi. Kandungan vitamin C juga banyak ditemukan di jeruk,lemon,dan jeruk nipis.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh.
Vitamin C diperlukan bagi semua orang untuk menjaga tubuh mereka tetap sehat. Kandungan vitamin C dalam buah duku berkhasiat menjaga imunitas dan berkhasiat juga bagi orang yang sedang dalam masa pemulihan.

5. Menurunkan Berat Badan.
Buah duku juga bisa membantu dalam hal penurunan berat. Buah duku akan membantu tubuh untuk mendapatkan karnitin. Karnitin akan mengarahkan molekul lemak ke jaringan pembakar lemak. Molekul lemak ini harus dipertimbangkan untuk siapa saja yang sedang menurunkan berat badan karena jika ada kekurangan molekul lemak, tubuh akan merasa lelah dan kekurangan energi. Jadi, jika karnitin dalam tubuh berkurang maka akumulasi lemak akan terjadi. Buah duku juga dapat dikonsumsi bersamaan dengan manfaat apel bagi mereka yang sedang menjalani program diet.

6. Memancarkan Sistem Pencernaan.
Buah duku mengandung serat yang sangat tinggi sehingga bermanfaat untuk pencernaan. Seperti halnya juga ditemui pada manfaat buah pepaya. Selain itu, buah ini juga berkhasiat mencegah kanker di saluran pencernaan. Kandungan kalori, mineral dan zat besi dalam buah duku juga lebih banyak jika dibandingkan dengan apel atau jeruk manis.

7. Menjaga Kesehatan Kulit.
Kesehatan kulit dapat dijaga dengan sering mengonsumsi makanan yang mengandung manfaat vitamin E. Buah duku juga mengandung vitamin E sehingga efektif menjaga kesehatan kulit seperti:
   - mencegah penuaan dini
   - melembutkan dan melembutkan kulit
   - menjaga kulit tetap lembab
   - menjaga kulit dari sinar UV
   - Membantu menyembuhkan luka

 8. Mengontrol Tingkat Kolesterol.
Metabolisme kolesterol dalam tubuh akan menjadi asam empedu. Bagi penderita penyakit kolesterol, hal ini dapat terbantu dengan seringnya mengonsumsi buah duku.

9. Mengatasi Diare dan Demam.
Buah duku berkhasiat dapat secara efektif mengobati diare dan juga bermanfaat untuk mengurangi panas atau demam tinggi. Cara membuatnya sangat mudah juga:
    a. Ambil biji duku
    b. Pukul bijinya sampai rata
    c. Kombinasikan dengan air
    d. Minumlah sekali sehari.

10. Mengusir Nyamuk.
Selain buahnya kaya akan manfaat, ternyata kulit buah duku juga memiliki manfaat sebagai pengusir nyamuk atau serangga seperti manfaat daun salam. Caranya mudah, dengan membakar kulit buah duku saat akan digunakan sebagai obat nyamuk atau serangga.

Itulah manfaat buah duku untuk kesehatan kita. Jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak mengonsumsi buah yang satu ini.

Nutrisi Dalam Buah Duku
Manfaat buah ini sangat beragam, berasal dari nutrisi. Dalam 100 gram buah duku ada:
   - kalori 7 kkal
   - 0,9 mg zat besi
   - protein 1,0 gram
   - karbohidrat 13 gram
   - lemak 0,2 gram
   - mineral 0,7 gram

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Buah Duku untuk Tubuh dan Kandungan Nutrisinya"

Post a Comment